Beranda > Artikel Islam > Perbedaan Antara Zakat, Infaq & Shodaqoh

Perbedaan Antara Zakat, Infaq & Shodaqoh


Selain masalah zakat, dikenal pula istilah infaq & shodaqoh. Ketiganya sering disandingkan dlm pengelolaannya. Walaupun sering disandingkan , sesungguhnya ketiganya memilki perbedaan.

1. Zakat adalah kewajiban harta yang spesifik , memiliki syarat tertentu ,alokasi tertentu dan waktu tertentu.

2. Infaq adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat & non zakat.

Infaq ada 2 :

a. Wajib : infaq kafarat , nadzar , zakat dll.

b. Sunnah : infaq kepada fakir miskin sesama muslim , infaq bencana alam dll.

3. Shodaqoh memiliki makna yang lebih luas dari zakat dan infaq shodaqoh mencakup infaq , zakat dan kebaikan non materi. Kebaikan non materi inilah yang lebih meluaskan shodaqoh dari zakat dan infaq. Yang disebut kebaikan non materi adalah kebaikan yang berkaitan dengan sikap ramah , baik hati dan sejenisnya.

Dalam sebuah hadist riwayat muslim , Rasulullah SAW memberi jawaban kepada orang-orang miskin yang cemburu terhadap orang-orang kaya yang banyak bershodaqoh dengan hartanya.

Beliau bersabda :
“setiap tasbih adalah shodaqoh , setiap takbir adalgb shodaqoh , setiap tahlil shodaqoh , amar ma’ruf shodaqoh , nahi munkar shodaqoh dan menyalurkan syahwatnya pada istri juga shodaqoh”. (HR. MUSLIM)

Hadits diatas hendak menunjukkan bahwasanya kebaikan / amal sholeh bukan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang kaya / berkecukupan , dimana dengan kekayaannya tersebut dia bisa berbagi dengan orang lain. Akan tetapi kebaikan / amal sholeh juga bisa dilakukan oleh mereka yang miskin , serba kekurangan , dengan cara melakukan hal-hal baik yang dikehendaki Al-Qur’an , baik yg berhubungan dengan Allah maupun yang berhubungan dengan sesama manusia. Dengan tersenyum , sopan dan menyayangi maka sesungguhnya itu juga bernilai shodaqoh.

Kategori:Artikel Islam
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar anda pada artikel yang anda baca ini. Dengan berkomentar, maka anda telah membantu blog ini supaya lebih maju kedepannya. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: