Beranda > Tahukah Kamu? > Tahukah kamu BAHAYA MOUSE OPTIK?

Tahukah kamu BAHAYA MOUSE OPTIK?


APAKAH SEKARANG anda sedang di depan Komputer sambil memegang benda bulat kecil bernama mouse? Coba anda angkat mousenya lalu lihat, apa ada sinar berwarna merah disana? Jika ada, anda harus melanjutkan membaca Artikel Ini.
Bagi pecinta Komputer, pastilah sangat akrab dengan benda yang satu ini. Setiap hari, setiap saat, bermain dengannya. Bahkan ada yang memegang sambil tidur. Dikantor-kantor, sebagian besar Komputer dilengkapi dengan perangkat hardware ini untuk memudahkan pekerjaan. Dibanding dengan mouse yang biasa (terdapat scroll), mouse optik memang lebih efektif dalam penggunaannya. Karena bukan scroll lagi, maka tidak perlu menggerakkannya maju mundur. Sekilas terlihat sepele, tapi ternyata berefek besar pada tubuh melalui bagian yang sering memegangnya.

Nyaman tapi Belum Tentu Aman
setelah lima tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Seperti kram dan terasa kaku pada telapak dan jari tangan. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan dibawahnya. Dan frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi daripada handphone.
Diseluruh permukaan tubuh kita, terdapat ribuan syaraf yang sangat sensitif, seperti telapak tangan dan kaki. Makanya, terkena panci atau wajan panas aja langsung panas. Ternyata pada telapak tangan dan kaki itulah pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Menurut laporan WHO, radiasi dari mouse optik setara 5 kali radiasi handphone. Akan tetapi, radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pemakai komputer.
Tinggi rendahnya paparan radiasi, bergantung pula pada kualitas produk-produk mouse optik. Pada produk mouse berkualitas tinggi, telah dilengkapi oleh Shield (pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan sehingga cukup aman. Sementara produk yang berkwalitas rendah, tidak dilengkapi dengan Shield tersebut. Karena pengaruh ini, maka WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optikal mouse untuk seluruh kegiatan dikantornya

Solusi Aman dan Nyaman
Beberapa industri hardware terbesar di cina dan taiwan berusaha menutup-nutupi hal ini. Dan jika diperhatikan, produk mouse optical yang beredar dipasaran saat ini diproduksi oleh merk-merk yang tidak terkenal berasal dari sana, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan.
Lalu, jika dikantor masih menggunakan mouse optical gimana donk?
Nah, sekedar saran, boleh diikuti boleh enggak. Cobalah memegan mouse hanya disaat anda memerlukannya. Manfaatkan jari-jemari anda yang berjumlah 10 itu untuk berolahraga lagi dengan berlatih menggunakan Hot key (Ctrl+C) untuk mengCOPY, (Ctrl+V) untuk Paste, (Ctrl+X) untuk memindahkan file, (Ctrl+Z) untuk Undo, (Ctrl+i) untuk mengubah tulisan ke italic, (Ctrl+B) untuk mengubah tulisan menjadi tebal atau bold, (Ctrl+u) untuk underline atau memberi garis bawah, dll. Dan jika anda ingin belajar mencintai benda-benda antik, kembalilah menggunakan mouse model lama(scroll). Dan yang paling penting, jangan coba-coba mengarahkan sinar merah itu ke mata anda.
Ingat, setiap kenyamanan yang kita rasakan tidak selalu benar dan menguntungkan. Allah selalu mempunyai cara untuk mengingatkan kita. Dulu, orang berzina tidak memikirkan kerugiannya. Karena, dosa hanya dirasakan kelak di akhirat. Namun, Allah mengingatkan manusia dengan menurunkan HIV/AIDS. begitu juga dengan berkomputer. Memakai optical mouse memang lebih nyaman. Tapi apakah kita akan menunggu hingga datang penyakit (akibat radiasi) untuk berhenti menggunakannya.

Kategori:Tahukah Kamu?
  1. Nurdin
    26 September 2011 pukul 4:41 AM

    Dear all, baru2 ini tepatnya tgl 24 sept 2011 pagi jam 6, tangan kanan sy di telapak atas antara jari telunjuk dan jempol terasa kesemutan, sampai dgn 2 hari ini masih terasa seperti mati rasa, kulit tebal. Memang sy menggunakan MOUSE OPTIK persis yg di jelaskan diatas sdh hampir 2 thn, apakah efek dari RADIASI MOUSE OPTIK tersebut? krn 12 thn lalu sebelumnya sy menggunakan mouse jadul (ada scrollnya) dan tdk mengalami seperti saat ini (kesemutan, kram/mati rasa/kulit terasa tebal). Bagaimana cara mengatasinya dan mengobatinya? krn sy khawatir seperti beberapa waktu lalu yg pernah ditayangkan di salah satu siaran di TV. ada yg sampai mati rasa sampai seluruh tangannya dan ada yg jg di operasi. Utk mengatasi mouse akan sy ganti ke mouse jadul lg.

    • 28 September 2011 pukul 6:54 PM

      ya mungkin saya hanya bisa ksh saran jgn sering2 di depan komputer. karena tubuh kita kan jg perlu beristirahat, dan yg terpenting tetep berolahraga dan berdoa ^_^

  2. Nurdin
    1 Oktober 2011 pukul 11:50 AM

    Terima kasi ya mas hafid atas artikel yg bagus dan sarannya, Mudah-mudahan bagi teman yang lain jgn sampai terkena dari efek radiasi mouse optik ya. ganti segera dgn mouse scroll dan berolah raga. salam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar anda pada artikel yang anda baca ini. Dengan berkomentar, maka anda telah membantu blog ini supaya lebih maju kedepannya. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: