Beranda > Tahukah Kamu? > Ada Apa Dengan Pisang?

Ada Apa Dengan Pisang?


Pisang buah sederhana yang mudah ditemukan dan relatif murah. Tapi untuk bagian kalangan justru memandangnya sebelah mata sebagai buah untuk orang kampung dan kemudian mengklaim dirinya orang kota modern,
maka hendaklah manusia memperhatikan makanannya. Sesungguhnya kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit) kemudian kami belah bumi dengan sebaik-baiknya. Lalu kami tumbuhkan biji-bijian dibumi itu, dan buah-buahan serta rumput-rumputan untuk kesenangan kamu dan untuk binatang ternakmu (QS. Abasa, 80:24-32).
Allah memerintahkan untuk memperhatikan makanan yang kita makan, dalam artian “manfaatnya” bagi tubuh, tidak terkecuali buah-buahan.

Buah pisang mengandung tiga gula alami, yaitu : Sukrosa, Fruktosa, dan Glukosa yang dikombinasikan dengan serat sehingga secara tidak langsung dapat menghasilkan energi yang besar. Sebuah penelitian di Amerika membuktikan bahwa hanya dengan 2 buah pisang itu dapat menghasilkan energi yang cukup untuk latihan berat selama 90 menit. Sehingga, pisang menjadi buah nomor 1 yang terkenal di dunia atletik. Pisang juga mencegah dan mengatasi sejumlah penyakit. Diantaranya sebagai berikut :

1. Mengatasi depesi
ini disebabkan oleh kandungan tryptophan, salah satu tipe protein, yang telah diubah menjadi serotonin sehingga memberi efek relaksasi dan vitamin B6 yang dapat mengatur tingkat glukosa dalam darah yang dapat memperbaiki mood.
2. Mencegah Anemia
karena mengandung zat besi tinggi, pisang dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah yang dapat mencegah dan mengatasi kasus anemia
3. Menstabilkan Tekanan Darah
sebagai buah tropis yang unik, pisang juga mengandung potassium tinggi tapi rendah garam sehingga dapat menstabilkan tekanan darah. Karena itu, sebuah lembaga obat dan makanan di Amerika memberikan ijin kepada perusahaan yang memproduksi pisang untuk memberikan label resmi bahwa pisang memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko stroke dan tekanan darah.
4. Meningkatkan Kemampuan Otak
penelitian pada 200 orang pelajar di Twickenham yang diberi asupan tambahan berupa buah pisang pada saat sarapan pagi, makan siang dan diwaktu senggang menunjukkan bahwa mereka dapat mengerjakan ujian dengan lebih teliti. Hal ini disebabkan oleh efek potassium yang dikandung pisang sehingga menstimulasi pupil untuk lebih sigap menerima informasi
5. Melancarkan Buang Air Besar
karena mengandung serat yang tinggi, pisang dapat membantu seseorang yang kesulitan buang air besar
6. Mengatasi Iritasi pada Kulit
Tekstur lembut dan halus yang dimiliki oleh pisang dan kemampuannya untuk menormalkan keasaman kulit sebagai pemicu terjadinya iritasi.
7. Mengatasi Gelisah dan Stres
vitamin B yang cukup tinggi pada pisang juga dapat membantu menenangkan sistem syaraf. Begitupun dengan kandungan Potassiumnya yang dapat menyuplai oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan air pada tubuh.
8. Mengurangi Resiko Stroke
mengkonsumsi pisang sebagai bagian dari diet yang teratur akan dapat mengurangi resiko kematian karena Stroke sekitar 40%
9. Mengatur Suhu Badan
pisang dipercaya sebagai buah yang mambu memberikan kesegaran dan kestabilan emosi bagi wanita hamil. Kelak bayinya akan lahir dengan kondisi tubuh yang segar.

Kategori:Tahukah Kamu?
  1. 6 April 2011 pukul 2:33 PM

    Apakah bisa membuat gemuk?

    • 11 April 2011 pukul 10:10 AM

      Insya Allah enggak mas.. asal jangan sering banyak minum-minuman air dingin karna itu yg menyebabkan gemuk

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar anda pada artikel yang anda baca ini. Dengan berkomentar, maka anda telah membantu blog ini supaya lebih maju kedepannya. Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: